AUTOGRAPH
A. Apa itu Autograph software?
Autograph software adalah program
khusus yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Autograph memiliki
kemampuan grafik 2D dan 3D untuk topik-topik seperti transformasi, kerucut
bagian, vektor, kemiringan, dan turunan. Dalam kenyataannya, pengguna dapat
mengamati bagaimana fungsi, grafik, persamaan, dan perhitungan. Autograph dapat
digunakan untuk menggambar grafik statistik, fungsi, dan vektor dan untuk
mengubah bentuk. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk mengubah dan mensimulasikan
grafik, bentuk atau vektor yang sudah diplot untuk mendorong pemahaman konsep.
B. Kelebihan menggunakan Autograph software dalam
pembelajaran matematika.
Penerapan Autograph software merupakan kontribusi yang menggunakan
teknologi untuk mengajar matematika. Model (Autograph software) ini
menyoroti kontribusi peralatan digital dan sumber daya yang bermanfaat untuk:
- Mempengaruhi proses kerja dan meningkatkan produksi, khususnya dengan meningkatkan kecepatan dan efisiensi proses, dan meningkatkan akurasi dan penyajian hasil, dengan demikian berkontribusi terhadap kecepatan dan produktivitas pelajaran.
- memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan dan lebih memahami matematika dalam kehidupan nyata
- Mengatasi kesulitan siswa dan konstruksi gambar, termasuk melewati masalah yang dihadapi oleh siswa ketika menulis dan menggambar dengan tangan dan memfasilitasi koreksi kesalahan, sehingga meningkatkan rasa kemampuan siswa dalam pekerjaan mereka;
- Pengajaran dengan mengintegrasikan Autograph di sekolah dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas mengajar
- Meningkatkan variasi dan daya penarik aktivitas di kelas, khususnya variasi format pembelajaran dan merubah suasana kelas dengan memperkenalkan unsur bermain, menyenangkan, mengembirakan, dan memperudah tugas yang sulit.
- Mengembangkan kebebasan siswa dan pertukaran kelompok teman sebaya, khususnya menyediakan kesempatan bagi siswa untuk latihan mandiri lebih banyak dan bertanggung jawab, berbagi keahlian dan saling mendukung.
- membantu guru dalam membuat siswa lebih memperhatikan papan tulis interaktif dan bertindak sebagai media interaksi antara siswa atau antara guru dan para siswa.
- Menguatkan konsep.
Pada awalnya
guru menerangkan konsep tanpa menggunakan komputer. Kemudian siswa akan
memperoleh dugaan atau gagasan dari konsep yang diberikan, mereka dapat bekerja
dengan Autograph software untuk mengeksplorasi (memeriksa) contoh yang
diberikan.
- Mengecek grafik dan menganalisa solusi.
Siswa dapat
menggunakan Autograph software untuk menge-cek jawaban mereka untuk masalah
grafik ataupun nongrafik. Hal ini diperlukan sekali untuk mengembangkan
kebiasaan “self-check” dalam memecahkan masalah.
- Memecahkan persamaan grafik.
Dalam dunia
nyata banyak masalah yang tidak dapat diselesaikan secara analitis. Dalam kasus
ini, pendekatan grafik hanya memungkinkan sebagai alat untuk memecahkan
masalah. Autograph software adalah alat yang spesial untuk menemukan
solusi. Siswa harus mempuanyai kesadaran bahwa menggunakan teknologi grafik,
mereka akan memehami beberapa masalah matematika yang tidak dapat dipecahkan
dengan menemukan “formula yang benar” .
- Menjadi metacognitive. Siswa harus belajar untuk memeriksa jawaban menggunakan layar hasil dan memberikan tanggapan untuk belajar mereka.
- Memperoleh skill (keahlian) dalam menggunakan teknologi informasi. Hal ini diperoleh dalam cara tidak langsung melalui belajar menggunakan software.
Autograph
software dapat membuat grafik secara akurat
dan cepat, membuat volume benda putar yang mungkin sulit digambar oleh siswa,
trigonometri, pencerminan sumbu, dan perhitungan sudut yang dengan mudah dapat
dieksplor oleh siswa. Kekuatan mengeksploitasi untuk menjangkau beberapa
sasaran pembelajaran.
C. Kekurangan dari Autograph software.
Adapun
kekurangan dari software ini dalah sebagai berikut :
- Autograph software ini tidak bisa menyajikan cara untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, software ini hanya memberikan hasil.
- Tidak ada evaluasi bagi siswa karena sifatnya hanya sebagai latihan bagi siswa.
- Tidak bisa menyelesaikan masalah secara analitis.
Tampilan awal autograph, adalah :
Ketika kita menggambarkan volume benda putar yang
terdapat pada materi kalkulus. software ini sangat baik digunakan karena
langsung dapat memberikan contoh volume benda putar yang dimaksud secara
konkrit. selain dari itu kehebatan software autograph ini dapat menyajikan
grafik dalam tayangan animasi, sehingga siswa pasti akan melihat dengan
senang.. seperti gambar berikut ini adalah salah satu contoh bahasan volume
benda putar.
Gambar diatas adalah hasil dari persamaan x = y^2 +3
yang diputar melalui sumbu X
gan ada sofware nya gak?
BalasHapus