Selasa, 29 Januari 2013

CARA PENGGUNAAN SOFTWARE AUTOGRAPH


AUTOGRAPH

A.  Apa itu Autograph software?
   Autograph software adalah program khusus yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Autograph memiliki kemampuan grafik 2D dan 3D untuk topik-topik seperti transformasi, kerucut bagian, vektor, kemiringan, dan turunan. Dalam kenyataannya, pengguna dapat mengamati bagaimana fungsi, grafik, persamaan, dan perhitungan. Autograph dapat digunakan untuk menggambar grafik statistik, fungsi, dan vektor dan untuk mengubah bentuk. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk mengubah dan mensimulasikan grafik, bentuk atau vektor yang sudah diplot untuk mendorong pemahaman konsep.

B.  Kelebihan menggunakan Autograph software dalam pembelajaran matematika.
            Penerapan Autograph software merupakan kontribusi yang menggunakan teknologi untuk mengajar matematika. Model (Autograph software) ini menyoroti kontribusi peralatan digital dan sumber daya yang bermanfaat untuk:
  1. Mempengaruhi proses kerja dan meningkatkan produksi, khususnya dengan meningkatkan kecepatan dan efisiensi proses, dan meningkatkan akurasi dan penyajian hasil, dengan demikian berkontribusi terhadap kecepatan dan produktivitas pelajaran.
  2. memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan dan lebih memahami matematika dalam kehidupan nyata
  3. Mengatasi kesulitan siswa dan konstruksi gambar, termasuk melewati masalah yang dihadapi oleh siswa ketika menulis dan menggambar dengan tangan dan memfasilitasi koreksi kesalahan, sehingga meningkatkan rasa kemampuan siswa dalam pekerjaan mereka;
  4. Pengajaran dengan mengintegrasikan Autograph di sekolah dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas mengajar
  5. Meningkatkan variasi dan daya penarik aktivitas di kelas, khususnya variasi format pembelajaran dan merubah suasana kelas dengan memperkenalkan unsur bermain, menyenangkan, mengembirakan, dan memperudah tugas yang sulit.
  6. Mengembangkan kebebasan siswa dan pertukaran kelompok teman sebaya, khususnya menyediakan kesempatan bagi siswa untuk latihan mandiri lebih banyak dan bertanggung jawab, berbagi keahlian dan saling mendukung.
  7. membantu guru dalam membuat siswa lebih memperhatikan papan tulis interaktif dan bertindak sebagai media interaksi antara siswa atau antara guru dan para siswa.
  8. Menguatkan konsep.
Pada awalnya guru menerangkan konsep tanpa menggunakan komputer. Kemudian siswa akan memperoleh dugaan atau gagasan dari konsep yang diberikan, mereka dapat bekerja dengan Autograph software untuk mengeksplorasi (memeriksa) contoh yang diberikan.
  1. Mengecek grafik dan menganalisa solusi.
Siswa dapat menggunakan Autograph software untuk menge-cek jawaban mereka untuk masalah grafik ataupun nongrafik. Hal ini diperlukan sekali untuk mengembangkan kebiasaan “self-check” dalam memecahkan masalah.
  1. Memecahkan persamaan grafik.
Dalam dunia nyata banyak masalah yang tidak dapat diselesaikan secara analitis. Dalam kasus ini, pendekatan grafik hanya memungkinkan sebagai alat untuk memecahkan masalah. Autograph software adalah alat yang spesial untuk menemukan solusi. Siswa harus mempuanyai kesadaran bahwa menggunakan teknologi grafik, mereka akan memehami beberapa masalah matematika yang tidak dapat dipecahkan dengan menemukan “formula yang benar” .
  1. Menjadi metacognitive. Siswa harus belajar untuk memeriksa jawaban menggunakan layar hasil dan memberikan tanggapan untuk belajar mereka.
  2. Memperoleh skill (keahlian) dalam menggunakan teknologi informasi. Hal ini diperoleh dalam cara tidak langsung melalui belajar menggunakan software.
Autograph software dapat membuat grafik secara akurat dan cepat, membuat volume benda putar yang mungkin sulit digambar oleh siswa, trigonometri, pencerminan sumbu, dan perhitungan sudut yang dengan mudah dapat dieksplor oleh siswa. Kekuatan mengeksploitasi untuk menjangkau beberapa sasaran pembelajaran.

C.  Kekurangan dari Autograph software.
Adapun kekurangan dari software ini dalah sebagai berikut :
  1. Autograph software ini tidak bisa menyajikan cara untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, software ini hanya memberikan hasil.
  2. Tidak ada evaluasi bagi siswa karena sifatnya hanya sebagai latihan bagi siswa.
  3. Tidak bisa menyelesaikan masalah secara analitis.

Tampilan awal autograph, adalah :


Ketika kita menggambarkan volume benda putar yang terdapat pada materi kalkulus. software ini sangat baik digunakan karena langsung dapat memberikan contoh volume benda putar yang dimaksud secara konkrit. selain dari itu kehebatan software autograph ini dapat menyajikan grafik dalam tayangan animasi, sehingga siswa pasti akan melihat dengan senang.. seperti gambar berikut ini adalah salah satu contoh bahasan volume benda putar.
 

Gambar diatas adalah hasil dari persamaan x = y^2 +3 yang diputar melalui sumbu X

1 komentar: