Selasa, 29 Januari 2013

CARA PENGGUNAAN SOFTWARE LINDO


LINDO

LINDO (Linear Interactive Discrete Optimizer) merupakan salah satu perangkat lunak (software) komputer. Kegunaan utama program ini adalah untuk memasukkan rumusan program linear dengan cepat, menyelesaikannya, dan menetapkan perbaikan atau pengecekan rumusan dasar pada penyelesaian. 

Prosedur Penggunaan Software LINDO
Contoh Soal :
     Pada suatu hari minggu Anis akan kedatangan teman-tamannya, oleh karena itu untuk menjamu temannya itu, Anis akan membuat dua macam roti, yaitu roti cokelat dan roti keju. Semua bahan untuk membuat kedua jenis roti tersebut telah disiapkan, dan ternyata jumlah cokelat dan jumlah kejunya terbatas, yaitu 890 gram cokelat dan 860 gram keju. Bahan-bahan lain seperti gandum, gula, mentega dan lain-lain cukup. Sebuah roti keju memerlukan 50 gram keju dan 20 gram cokelat. Sedangkan roti cokelat memerlukan 20 gram keju dan 50 gram cokelat. Tentukan banyaknya masing-masing roti yang harus dibuat Anis agar jumlah roti yang dapat dibuat tersebut paling banyak!
Penyelesaian :
Misalkan banyaknya roti keju = x1 dan banyaknya roti cokelat = x2, maka diperoleh hubungan:
Fungsi tujuan:
Maks Z = x1 + x2
Fungsi Pembatas:
Jumlah cokelat: 20 x1 + 50 x2  890
Jumlah keju: 50 x1 + 20 x2  860

Gambar 1
Papan LINDO Setelah Ditulisi Program
 
Setelah program kita tuliskan pada papan Lindo, maka program kita jalankan dengan meng-klik Solve kemudian solve lagi, sehingga akan kita peroleh layar pada Gambar 2:
  Dari hasil setelah dipilih Solve, maka ada menu pilihan:
  Do range (Sensitivity) Analysis. Pilihannya ada dua, yaitu Yes atau No.
  Pilihan Yes bila kita ingin melakukan analisis sentitivitas masalah di atas, dan Pilihan No untuk tidak melakukan analisis sensitivitas.


Gambar 2
Tampilan Setelah Program Dijalankan 

  Untuk sementara pilihlah No, maka pada layar akan hilang menu pilihan Analisis Sensitivitasnya.
  Setelah menu Lindo kita tutup dengan memilih Close, maka akan kita peroleh hasil
  perhitungan.
  Namun demikian hasil perhitungan berada pada layar dibelakang papan program. Untuk melihat hasil perhitungan sekaligus programnya, maka kita pilih dengan meng-klik Windows – Tile – Vertical (Horizontal), sehingga kita peroleh


Gambar 3
Tampilan Program Beserta Hasilnya

  Dari hasil pada Gambar 3 di atas menunjukkan bahwa Fungsi tujuan max Z = x1 + x2 dicapai pada x1 = 12 dan x2 = 13, sehingga Z = 25.
  Untuk fungsi tujuan meminimumkan Z, maka bentuk programnya seperti di atas, dengan mengganti max menjadi min.
  Tanda  dalam matematika, dalam Lindo dituliskan <=
  Tanda  dalam matematika, dalam Lindo dituliskan >=
  Hasil perhitungan Lindo maupun programnya dapat disimpan dengan memilih File – Save kemudian berilah nama file. File akan tersimpan dengan extention .ltx dan sewaktu-waktu dapat dibaca tanpa harus menjalankan program.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar